Arang dapat menyebabkan kanker, mitos atau fakta?

Hubungan arang dan kanker adalah salah satu mitos Sahabatiformasi.com - Sate adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Namun, p...

Hubungan arang dan kanker adalah salah satu mitos
Sahabatiformasi.com - Sate adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Namun, perlukah Anda mengurungkan niat menyantap daging ayam yang ditusuk dan dibakar agar tidak terkena kanker?

Hubungan arang dan kanker adalah salah satu mitos yang dibahas dalam acara konferensi pers Betadine Retro Run 2017 yang diadakan oleh Mundipharma, Bertadine, dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Topik tersebut sengaja dipilih karena kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kanker dirasa masih kurang. Mada Shinta Dewi, Country Manager PT Mundipharma Healthcare Indonesia, mengatakan, kanker dalam 10 tahun terakhir meningkat drastis, dan kalau fokus pada pengobatan, biayanya tentu besar sekali.

“Jadi, kalau kita melihat program pemerintah saat ini, fokusnya adalah bagaimana mengedukasi masyarakat supaya insiden ini menurun. Kalau bicara jantung dan hipertensi, masyarakat sudah cukup sadar cara pencegahannya, sedangkan kanker masih banyak mitos-mitos yang perlu diklarifikasi,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, Sp PD-KHOM selaku Ketua YKI dan Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) mendiskusikan dan mementahkan beberapa mitos mengenai kanker yang sering kali menyesatkan masyarakat.

1. Arang

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang percaya bahwa arang yang digunakan untuk membakar makanan dapat memicu kanker. Namun, menurut Prof Aru, yang membuat kanker bukan arangnya, tetapi daging merahnya.

Ketika daging merah dipanaskan pada suhu tinggi, timbul zat karsinogen Heterocyclic amines  atau HCA. Namun, hal ini hanya berlaku pada daging merah saja, dan ayam atau ikan tidak masalah bila dibakar.

Selain daging merah yang dibakar; daging yang diproses, seperti sosis ayam, salami, dan bacon, juga bisa menyebabkan kanker.

2. MSG

Selain arang, masyarakat juga masih terjebak dengan mitos bahwa monosodium glutamate (MSG) dapat memicu kanker.  Padahal, penelitian, seperti yang dilakukan oleh Food Standards Australia New Zealand, telah membuktikan bahwa mitos tersebut tidak benar.

“Institute of Cancer (juga) pernah benar-benar mencobakan MSG pada tikus dan terbukti, (MSG) tidak menyebabkan kanker,” kata Prof Aru.

Dia melanjutkan, tetapi MSG memang tidak bagus untuk kesehatan karena dapat merusak jaringan tubuh, terutama jaringan pankreas yang memproduksi insulin.

3. Super food

Di era modern ini kita mengenal istilah super food untuk teh hijau, buah beri, akar bit, manggis, dan makanan-makanan lainnya yang dipercaya dapat mencegah kanker karena mengandung antioksidan. Namun, Prof Aru berkata bahwa pemahaman ini salah besar.

“Antioksidan tidak mencegah kanker secara langsung, tetapi menangkal makanan lain yang ada oksidannya, seperti minyak gorengan. Namun, sekali lagi, manggis dan stroberi itu bukan obat buat kanker,” katanya.

Akan tetapi, Anda tetap bisa mengonsumsi makanan-makanan tersebut sebagai bagian dari pola makan dan hidup sehat untuk mencegah kanker.

Tiga komponen utama hidup sehat adalah menjaga berat badan ideal, olah raga teratur, dan mengikuti pola makan sehat. Jika Anda mengikuti panduan ini, risiko terkena kanker bisa turun hingga 35 persen atau bahkan 50 persen pada kanker tertentu. Penurunan risiko ini bahkan bisa menjadi lebih besar jika Anda menghindari alkohol yang berlebihan dan tidak merokok.

Informasi ini dimuat di kompas.com
Judul : Benarkah Arang Bisa Memicu Kanker?
Name

Advertising,3,Altcoin,3,Bank,3,beraninews.com,1,Bitcoin,12,Bitcoin exchanger,2,Bitcoin Wallet,10,Budaya,2,copyright,1,Dewan pers,3,Ekonomi,2,Facebook,2,Fakta,3,Faucet bitcoin,1,Gaya hidup,4,Google adsense,1,Hadiah pernikahan,1,Hiburan,2,Hukum,8,Humor,2,Ijazah palsu,1,Indeks,1,Internet,1,Jokowi,1,Kesehatan,5,Keuangan,4,Kreativitas,2,Kuliner,1,Liburan,1,Olahraga,3,Otomotif,1,Pendidikan,3,Perjalanan,1,Pilihan redaksi,5,Politik,3,Ranto Sibarani,3,Review Wallet,10,Science,2,Sepakbola,2,Sosial,5,Sumatera utara,1,Tips,1,tribunnews.com,1,Twitter,3,Viral,5,
ltr
item
Sahabat Informasi: Arang dapat menyebabkan kanker, mitos atau fakta?
Arang dapat menyebabkan kanker, mitos atau fakta?
https://4.bp.blogspot.com/-0yHa-3EVZO8/WZ-4KZg4cPI/AAAAAAAAARI/Pg3Re_r9WkIrFdLCGpbV56za_Q5b4NUzgCLcBGAs/s320/90bcaca1-e0c6-471d-bf81-0a5039932ad0.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-0yHa-3EVZO8/WZ-4KZg4cPI/AAAAAAAAARI/Pg3Re_r9WkIrFdLCGpbV56za_Q5b4NUzgCLcBGAs/s72-c/90bcaca1-e0c6-471d-bf81-0a5039932ad0.jpeg
Sahabat Informasi
http://www.sahabatinformasi.com/2017/08/arang-dapat-menyebabkan-kanker-mitos.html
http://www.sahabatinformasi.com/
http://www.sahabatinformasi.com/
http://www.sahabatinformasi.com/2017/08/arang-dapat-menyebabkan-kanker-mitos.html
true
1386595910813238737
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy