Tuesday, August 22, 2017

Plasebo (obat kosong) yang harganya mahal, ternyata lebih manjur

Merdeka.com - Jika Anda kurang familiar dengan istilah plasebo, Plasebo adalah sebuah pengobatan yang tidak berdampak atau penanganan palsu yang bertujuan untuk mengontrol efek dari pengharapan. Plasebo mengacu pada fakta bahwa keyakinan akan efektivitas dari suatu penanganan akan dapat membangkitkan harapan yang membantu mereka sembuh, tanpa melihat apakah substansi yang mereka terima adalah aktif secara kimiawi atau tidak.

Memang masih banyak yang tak memahani konsep pengobatan ini, namun dampaknya memang ajaib untuk mengurangi depresi, nyeri, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Misteri soal plasebo ini makin bertambah dengan adanya penelitian soal plasebo dengan harga mahal yang ternyata lebih efektif ketimbang yang murah. Penelitianini dilakukan pada pasien asli yang menderita penyakit parkinson.

Dilansir dari jurnal Neurology, ada 12 pasien yang diberitahu bahwa mereka akan mendapatkan suntikan yang memiliki formulasi serupa. Bedanya, hanya di harga. Suntikan tersebut memiliki harga 1500 dollar dan 100 dollar. Keduanya tak mengandung bahan aktif, dan hanya berisi garam.

Hasilnya, setelah menerima suntikan plasebo 1500 dollar, mayoritas pasien mengalami peningkatan fungsi motorik secara signifikan. Namun ketika suntikan 100 dollar diberikan, tak ada perubahan penting yang terjadi.

Sumber : merdeka.com