Simpan Sertifikat Nasabah tanpa Menyerahkan Bukti Serah Terima, Lembaga Jasa Keuangan ini Diperkarakan

Pengacara asal Medan Ranto Sibarani, SH mendatangi kantor perusahaan jasa keuangan Sahabat UKM di Jl Pahlawan RT 002, RW 013, No.83 Kelura...

Pengacara asal Medan Ranto Sibarani, SH mendatangi kantor perusahaan jasa keuangan Sahabat UKM di Jl Pahlawan RT 002, RW 013, No.83 Kelurahan Wirotho Agung, Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Jambi pada hari Kamis, 4 Januari 2018.

Hal ini berawal dari kliennya RS selaku nasabah Sahabat UKM, mengeluhkan perihal transparansi potongan pinjaman yang dikenakan oleh Sahabat Ukm kepada beliau yaitu dari jumlah pinjaman 150jt rupiah yang disetujui  namun yang diterima kurang lebih 130jt. Ketika diminta secara tertulis apa saja potongan yang dilakukan terhadap kliennya, pihak Sahabat UKM malah menolak memberikan dengan dalih sudah memberikan penjelasan secara lisan kepada RS.

Ranto Sibarani, pengacara yang lahir di Jambi ini menyatakan sudah mencoba meminta informasi perihal potongan tersebut kepada Perusahaan Sahabat UKM, namun seorang karyawan dari sahabat UKM yang bernama Irwan malah menyatakan tidak ada masalah dengan hal tersebut, bahkan menyatakan hal tersebut adalah hal biasa.

Ranto Sibarani juga keberatan dengan prosedur lembaga keuangan Sahabat UKM yang menyimpan sertifikat kliennya tanpa ada surat pernyataan serah terima yang diserahkan kepada kliennya. "Lembaga keuangan Sahabat UKM  menguasai sertifikat milik klien saya sebagai agunan tanpa ada surat berita acara penyerahan sertifikat yang diberikan kepada klien saya, bahkan klien saya tidak diberikan foto copy akad atau perjanjian yang ditandatanganinya" ujar Ranto.

Teguh, Manager Sahabat UKM ketika ditanyakan terkait tidak adanya tanda terima mereka menyimpan sertifikat nasabah dan tidak adanya salinan notaris dan salinan perjanjian pinjaman yang diberikan kepada nasabah membenarkan hal tersebut karena tidak diminta oleh nasabah.

Berdasarkan hal tersebut, Ranto Sibarani menyatakan akan menindaklanjutinya secara hukum. "Pihak Sahabat UKM sendiri yang menyatakan agar keberatan kami tersebut agar diselesaikan secara hukum" Ujarnya.

Menurut Ranto, besarnya potongan pinjaman yang tidak disetujui oleh nasabah adalah bentuk lain daripada pungli. "Kami akan laporkan hal tersebut, karena kami menilai pihak Sahabat UKM melanggar asas transparansi yang seharusnya dipatuhi oleh Lembaga Jasa Keuangan, bila perlu kami akan meneruskan hal ini ke Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai lembaga yang berwenang." Tegas Ranto.

Sewaktu berita ini dibuat, Ranto menyatakan bahwa pihaknya akan membuat laporan  dugaan pemerasan sebagaimana diatur dalam pasal 368 ayat 1 KUHP.  "Kami menduga nasabah mengalami pemerasan, sehingga menerima saja potogan yang tidak disetujuinya, Pihak perusahaan memiliki kondisi menekan yaitu tidak memberikan utang jika potongan tersebut tidak diterima" Papar Ranto.

"Kami akan mempertimbangkan untuk melanjutkan perkara ini,  karena nasabah tidak memiliki dokumen apapun sebagai bukti bahwa surat berharganya dikuasai penyelenggara jasa keuangan, bagaimana bila lembaga tersebut collapse atau terbakar? Bisa saja mereka berdalih, padahal nasabah tidak memiliki bukti bahwa sertifikatnya dikuasai oleh lembaga keuangan tersebut." Tutup Ranto, yang berharap agar peristiwa ini menjadi pelajaran bagi masyarakat banyak.

COMMENTS

Name

Advertising,2,Altcoin,3,Bank,3,beraninews.com,1,Bitcoin,12,Bitcoin exchanger,2,Bitcoin Wallet,10,Budaya,2,Dewan pers,3,Ekonomi,2,Facebook,2,Fakta,3,Faucet bitcoin,1,Gaya hidup,3,Google adsense,1,Hadiah pernikahan,1,Hiburan,2,Hukum,8,Humor,2,Ijazah palsu,1,Indeks,1,Internet,1,Jokowi,1,Kesehatan,5,Keuangan,4,Kreativitas,2,Kuliner,1,Liburan,1,Olahraga,2,Otomotif,1,Pendidikan,3,Perjalanan,1,Pilihan redaksi,5,Politik,3,Ranto Sibarani,3,Review Wallet,10,Science,2,Sepakbola,1,Sosial,4,Sumatera utara,1,Tips,1,tribunnews.com,1,Twitter,3,Viral,5,
ltr
item
Sahabat Informasi: Simpan Sertifikat Nasabah tanpa Menyerahkan Bukti Serah Terima, Lembaga Jasa Keuangan ini Diperkarakan
Simpan Sertifikat Nasabah tanpa Menyerahkan Bukti Serah Terima, Lembaga Jasa Keuangan ini Diperkarakan
https://3.bp.blogspot.com/-jP1eLxEc2sg/WlASW-C-3FI/AAAAAAAAAlM/4XVdulDA014B_UszrDINEW6ki6nq0wU3wCLcBGAs/s320/IMG-20180105-WA0024.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-jP1eLxEc2sg/WlASW-C-3FI/AAAAAAAAAlM/4XVdulDA014B_UszrDINEW6ki6nq0wU3wCLcBGAs/s72-c/IMG-20180105-WA0024.jpg
Sahabat Informasi
http://www.sahabatinformasi.com/2018/01/simpan-sertifikat-nasabah-tanpa.html
http://www.sahabatinformasi.com/
http://www.sahabatinformasi.com/
http://www.sahabatinformasi.com/2018/01/simpan-sertifikat-nasabah-tanpa.html
true
1386595910813238737
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy