Herbal lainnya

Sirih Cina bermanfaat untuk rheumatik, asam urat, obat pegel linu dan sakit pinggang, dikomsumsi dengan cara meminum air rebusan daunnya, atau bisa juga langsung mengunyah daunnya yang segar

Sirih Cina atau Ketumpang air

Sirih Cina atau disebut juga Ketumpang air memiliki nama latin Peperomia pellucida di Indonesia, tanaman ini memiliki banyak nama seperti saladaan (Sunda), rangu-rangu, sladanan, suruhan (Jawa), tumpangan air (Sumatera, Jakarta), gofu goroho (Temate) dan masih banyak lagi. Tanaman ini merupakan gulma pada lahan pertanian. Namun Siapa sangka, tanaman ini justru memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

  • recomendation
Ceremai berasal dari India, dapat tumbuh pada tanah ringan sampai berat dan tahan akan kekurangan atau kelebihan air. Tumbuhan ini bermanfaat untuk dijadikan obat herbal yang baik untuk kesehatan.

Tanaman Ceremai

Ceremai atau dengan nama asing Cheramelier (P), country gooseberry (I) dan Phyllanthi acidi Folium (daun ceremai). di Indonesia, tanaman ini memiliki banyak nama, yaitu ceremoi (Aceh), crème (Gayo), ceremai (Melayu), camin-camin (Minangkabau). Jawa : careme, cerme (Sunda), crème (Jawa). Nusa Tenggara : Carmen, cermen (Bali), careme (Madura), sarume (Bima). Sulawesi : lumpias aoyok, tili (Gorontalo), lombituko bolaano (Buol), caramel (Makasar, Bugis),carameng. Maluku : ceremin (Ternate), selemele, selumelek (Roti), salmele, cermele (Timor).

  • recomendation
Manfaat tanaman tomat, serta resikonya jika dikomsumsi secara berlebihan

Tanaman Tomat

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Disarankan hanya mengkomsumsi buah tomat saja, dan tidak mengkomsumsi dan dan batangnya karena Alkaloid.

  • recomendation
Aneka manfaat Belimbing sayur atau belimbing wuluh antara lain untuk mengobati Diabetes, Demam, Batuk, Antibiotik, Gondong (parotitis), Alergi, Wasir, PMS (Penyakit Menular Seksual), Jerawat, Memutihkan Wajah, Mencerahkan warna bibir dan Obesitas

Belimbing wuluh atau belimbing sayur

Belimbing wuluh atau belimbing sayur memiliki nama latin Averrhoa bilimbi, dikenal pula dengan nama belimbing buluh, belimbing botol, belimbing besi, atau belimbing asam. Tanaman ini merupakan sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya yang memiliki rasa asam yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu.

  • recomendation
Tanaman Gelam atau Kayu putih, yang dimanfaatkan minyaknya, dapat digunakan sebagai obat

Tanaman Gelam atau Kayu putih

Minyak Kayu Putih dapat digunakan sebagai salep dan campuran minyak penghangat. Bahkan minyak telon diketahui menggunakan minyak kayu putih sebagai salah satu bahan penyusunnya

  • viral
Gambar ilustrasi garam

Kurangi komsumsi garam sekarang juga

Mengurangi konsumsi garam dapat menyelamatkan nyawa, bahkan WHO merekomendasikan ini untuk mencegah penyakit kardiovaskuler dan kematian dini di seluruh dunia, mengurangi komsumsi garam secara bertahap akan memiliki manfaat besar pada kesehatan manusia.

  • recomendation