Manfaat Bambu Kuning untuk Kesehatan

Di beberapa daerah, daun bambu kuning merupakan obat tradisional untuk mengobati demam atau panas pada anak-anak
Di beberapa daerah, daun bambu kuning merupakan obat tradisional untuk mengobati demam atau panas pada anak-anak
Bambukuning memiliki ciri-ciri berupa rumpun tegak dengan tinggi 10–20 m dan berdiameter 4–10 cm. Batangnya berwarna hijau mengilap, kuning atau kuning dengan garis hijau. Daunnya lurus dengan ujung meruncing, berbentuk segitiga lebar, dengan panjang 4–5 cm dan lebar 5–6 cm.

Bambu adalah tumbuhan berumpun yang memiliki akar serabut, memiliki batang bulat berongga, keras, tinggi, dan beruas yang biasanya digunakan sebagai bahan bangunan dan beberapa perabotan rumah tangga seperti kursi, mebel, dan sebagainya.

Terdapat dua bentuk bambu secara umum, yaitu bambu berkayu dari suku Arundinarieae dan Bambuseae, dan bambu rerumputan dari suku Olyreae.

Bambu kuning (Bambusa vulgaris var. striata) adalah salah satu jenis bambu peliharaan / budidaya. Bambu jenis ini memiliki ciri batang yang beruas-ruas, tinggi, dan batangnya berwarna kuning. Biasanya, bambu jenis ini hidup di lingkungan tropis.

Bambu ini berupa rumpun tegak dengan tinggi 10–20 m dan berdiameter 4–10 cm. Batangnya berwarna hijau mengilap, kuning atau kuning dengan garis hijau. Daunnya lurus dengan ujung meruncing, berbentuk segitiga lebar, dengan panjang 4–5 cm dan lebar 5–6 cm.

Di beberapa daerah di Indonesia, bambu kuning memiliki nama yang berbeda-beda. Seperti di Aceh, bambu jenis ini disebut dengan nama Trieng gading, di Nias disebut huo adulo, Jawa barat menyebutnya awi haur, orang madura menyebutnya pereng ampel, di Bali dinamai dengan tieng ampel, orang sasak menyebutnya tereng dendeng , taaki untuk Minahasa, gading untuk Makasar, awo logading untuk Bugis, kemudian di ambon disebut dengan domar, dan orang Ternate menyebutnya ampel kuning.

Tanaman bambu banyak mengandung air mineral sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif guna menghilangkan lemak dan kolesterol dalam tubuh. Air rebusan rebung muda bambu kuning dimanfaatkan untuk mengobati penyakit hepatitis karena bambu kuning memiliki kandungan zat flavonoid. Daun bambu dimanfaatkan untuk meredakan asam urat karena daunnya mengandung zat flavon yang berperan dalam menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat. Kandungan zat flavon tersebut juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan dan mencegah berbagai penyakit.

Di beberapa daerah, daun bambu kuning merupakan obat tradisional untuk mengobati demam atau panas pada anak-anak. Daun bambu kuning muda yang tumbuh di ujung cabang dan berbentuk runcing juga sangat mujarab bagi mereka yang tidak tenang pikiran atau tidak bisa tidur pada malam hari.

Cara penggunaannya, daun bambu kuning tersebut direbus dengan air, kemudian air rebusannya diminum. Selain daun, air yang terdapat di dalam bambu kuning dapat diminum sebagai obat batuk. Berdasarkan pada penelitian di Jerman, sari rebung bambu kuning bisa memperbaiki kerusakan sel hati binatang percobaan, yang sebelumnya sengaja dirusak dengan racun hati. Di daerah Jawa Barat, kulit batang bambu kuning disisik, dicampur bedak salicyl dan air, kemudian dibalurkan ke kulit bekas luka cacar agar kulitnya menjadi halus kembali


Informasi lainnya

Di Jawa Bambu cangkoreh disebut juga dengan pring kadalan, pring matmat atau memet dan orang Madura menyebutnya pring-pringan.

Manfaat Bambu Cangkoreh Untuk Kesehatan

Khasiat Bambu Cangkoreh, mulai dari obat tetes mata, menyembuhkan kurap dan lainnya

Di beberapa daerah, daun bambu kuning merupakan obat tradisional untuk mengobati demam atau panas pada anak-anak

Manfaat Bambu Kuning untuk Kesehatan

Manfaat Bambu Kuning, Bambusa vulgaris Schrad. ex J.C. Wendl. (Poaceae)

Tanaman Gelam atau Kayu putih, yang dimanfaatkan minyaknya, dapat digunakan sebagai obat

Tanaman Gelam atau Kayu putih

Tanaman obat keluarga

Sirih Cina bermanfaat untuk rheumatik, asam urat, obat pegel linu dan sakit pinggang, dikomsumsi dengan cara meminum air rebusan daunnya, atau bisa juga langsung mengunyah daunnya yang segar

Sirih Cina atau Ketumpang air

Tanaman obat keluarga

Manfaat tanaman tomat, serta resikonya jika dikomsumsi secara berlebihan

Tanaman Tomat

Tanaman obat keluarga

Gambar ilustrasi garam

Kurangi komsumsi garam sekarang juga

Hindari penyakit kardiovaskuler

Ceremai berasal dari India, dapat tumbuh pada tanah ringan sampai berat dan tahan akan kekurangan atau kelebihan air. Tumbuhan ini bermanfaat untuk dijadikan obat herbal yang baik untuk kesehatan.

Tanaman Ceremai

Tanaman obat keluarga