Kurangi komsumsi garam sekarang juga

Gambar ilustrasi garam
Gambar ilustrasi garam
Mengurangi konsumsi garam dapat menyelamatkan nyawa, bahkan WHO merekomendasikan ini untuk mencegah penyakit kardiovaskuler dan kematian dini di seluruh dunia, mengurangi komsumsi garam secara bertahap akan memiliki manfaat besar pada kesehatan manusia.

Tubuh membutuhkan garam, tapi hanya sedikit

Tubuh manusia memang membutuhkan asupan sodium, dan ini dapat dipenuhi dengan mengkomsumsi garam (Sodium klorida), namun kebutuhannya itu hanya sedikit. WHO merekomendasikan setiap orang mengkomsumsi garam kurang dari 5 gram per harinya. Faktanya rata-rata orang mengkomsumsinya 10 gram per hari.


Efek samping komsumsi garam yang berlebihan

Konsumsi garam berlebih akan menaikkan tekanan darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung, gagal jantung, dan stroke. Bahkan banyak penelitian yang menunjukkan sebuah hubungan linear antara asupan garam dan penyakit kardiovaskuler: ketika asupan garam meningkat, meningkat pula risiko terserang penyakit kardiovaskuler, dan kematian dini.


Peneliti Feng He seorang Professor of Global Health Research, Queen Mary University of London berpesan mengurangi garam dapat menyelamatkan nyawa, dan telah melakukan penelitian sebelum menyampaikannya


Informasi lainnya

Ceremai berasal dari India, dapat tumbuh pada tanah ringan sampai berat dan tahan akan kekurangan atau kelebihan air. Tumbuhan ini bermanfaat untuk dijadikan obat herbal yang baik untuk kesehatan.

Tanaman Ceremai

Tanaman obat keluarga

Sirih Cina bermanfaat untuk rheumatik, asam urat, obat pegel linu dan sakit pinggang, dikomsumsi dengan cara meminum air rebusan daunnya, atau bisa juga langsung mengunyah daunnya yang segar

Sirih Cina atau Ketumpang air

Tanaman obat keluarga

Di beberapa daerah, daun bambu kuning merupakan obat tradisional untuk mengobati demam atau panas pada anak-anak

Manfaat Bambu Kuning untuk Kesehatan

Manfaat Bambu Kuning, Bambusa vulgaris Schrad. ex J.C. Wendl. (Poaceae)

Tanaman Gelam atau Kayu putih, yang dimanfaatkan minyaknya, dapat digunakan sebagai obat

Tanaman Gelam atau Kayu putih

Tanaman obat keluarga

Gambar ilustrasi garam

Kurangi komsumsi garam sekarang juga

Hindari penyakit kardiovaskuler

Di Jawa Bambu cangkoreh disebut juga dengan pring kadalan, pring matmat atau memet dan orang Madura menyebutnya pring-pringan.

Manfaat Bambu Cangkoreh Untuk Kesehatan

Khasiat Bambu Cangkoreh, mulai dari obat tetes mata, menyembuhkan kurap dan lainnya

Manfaat tanaman tomat, serta resikonya jika dikomsumsi secara berlebihan

Tanaman Tomat

Tanaman obat keluarga