Tanaman Tomat

Manfaat tanaman tomat, serta resikonya jika dikomsumsi secara berlebihan
Manfaat tanaman tomat, serta resikonya jika dikomsumsi secara berlebihan
Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Disarankan hanya mengkomsumsi buah tomat saja, dan tidak mengkomsumsi dan dan batangnya karena Alkaloid.
"
Selain bermanfaat sebagai bahan masakan, tomat dapat digunakan sebagai herbal untuk Mencegah penyakit kanker, Menurunkan tekanan darah, Menjaga kesehatan jantung, Mengatasi diabetes, Menyembuhkan sembelit, Melancarkan pencernaan, Menjaga kesehatan mata, Melembapkan dan mencerahkan kulit, Mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo, Menyehatkan janin (bagi ibu hamil), Memperbanyak ASI bagi ibu menyusui, Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi Mencegah hipertensi, Mengatasi kulit berminyak, Mengurangi kerontokan rambut, Meningkatkan mood, Menjaga kekuatan sistem imun tubuh, Menjaga kekuatan tulang, sendi dan otot, Meningkatkan fungsi otak, Mengobati luka supaya tidak infeksi."
Peringatan Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid
Mau tau asal muasal istilah tomat? Kata "tomat" berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl

Informasi lainnya