Mengenal Jenis Terapi Kanker

Gambar : Ilustrasi sel kanker
Gambar : Ilustrasi sel kanker
Terapi kanker bertujuan untuk menyingkirkan kanker dari dalam tubuh, atau membunuh seluruh sel kanker, jenis terapi kanker antara lain bedah, kemotrapi, radiasi, cangkok sumsum tulang, immunotherapy, targeted therapy dan cryoablation.
Beberapa jenis terapi kanker yang umum digunakan antara lain sebagai berikut, dikutip dari Detik.com

Terapi kanker berdasarkan tujuannya

Terapi primer

Tujuannya adalah menyingkirkan kanker dari dalam tubuh, atau membunuh seluruh sel kanker. Terapi apapun bisa dipakai untuk terapi primer tetapi yang paling umum adalah bedah.

Terapi adjuvant

Tujuannya adalah menyingkirkan sel kanker yang masih tersisa setelah menjalani terapi primer, agar kanker tidak tumbuh lagi. Kemoterapi, radiasi, dan terapi hormon, bisa dipakai sebagai adjuvant.

Terapi paliatif

Diberikan untuk mengurangi efek samping dari terapi lainnya, maupun berbagai keluhan yang disebabkan oleh kanker itu sendiri. Bedah, radiasi, kemoterapi, dan terapi apapun bisa dipakai untuk tujuan tersebut.


Terapi kanker yang paling sering digunakan

  • Bedah, Tujuannya adalah mengangkat cancer sebanyak mungkin dari tubuh.
  • Kemoterapi, Menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker. Kadang-kadang obat ini juga menyerang sel normal yang memiliki pertumbuhan cepat seperti sel kanker, misalnya rambut. Itu sebabnya seringkali pasien kemoterapi mengalami kerontokan rambut hingga botak.
  • Radiasi, Menggunakan sinar X maupun sinar proton, bertujuan untuk membunuh sel kanker.
  • Cangkok sumsum tulang, Sumsum tulang merupakan material di dalam tulang yang memproduksi sel darah.
  • Immunotherapy, Menggunakan sistem imun tubuh untuk melawan kanker. Terapi ini membantu sistem imun untuk menemukan kanker dan menyerangnya.
  • Targeted Therapy, Menggunakan obat tertentu yang difokuskan pada ketidaknormalan tertentu di dalam sel kanker.
  • Cryoablation, Membunuh kanker dengan membekukannya. Dimasukkan lewat jarum ke dalam kulit langsung menuju tumor yang bersifat kanker.