Sahabat Informasi

Sahabat Informasi

Temukan Pengetahuan Terbaru dan Terpercaya di SahabatInformasi.com

Sejarah Meme: Dari Richard Dawkins Hingga Era Digital

Richard Dawkins
Richard Dawkins

Richard Dawkins punya hubungan erat dengan konsep meme internet, walaupun konsep meme yang dia maksud sebenarnya agak beda.

  1. Dawkins yang menciptakan istilah meme di tahun 1976 dalam bukunya The Selfish Gene. Menurutnya, meme adalah unit informasi budaya yang bisa ditiru dan disebarkan dari orang ke orang, mirip dengan bagaimana gen bereplikasi dan diwariskan.
  2. Meme internet seperti yang kita kenal sekarang memang terinspirasi dari konsep meme Dawkins, tapi berkembang dengan caranya sendiri. Meme internet biasanya disebarkan lewat internet dan bisa dengan sengaja diubah dan dikreasikan, beda dengan meme Dawkins yang idenya lebih ke replikasi dan pewarisan cultural information.

Sejarah Meme

Istilah "meme" pertama kali diciptakan oleh ahli biologi evolusi Richard Dawkins dalam bukunya "The Selfish Gene" yang diterbitkan pada tahun 1976. Dawkins menggunakan istilah ini untuk menjelaskan bagaimana ide, perilaku, dan gaya dapat menyebar dari satu orang ke orang lain dalam suatu budaya, layaknya replikator biologis.

Dawkins mendefinisikan meme sebagai "unit budaya dalam transmisi... yang menggunakan replikasi dan variasi untuk bertahan hidup." Ia membandingkan meme dengan gen, unit dasar hereditas, dengan mengatakan bahwa meme juga dapat bereplikasi dan bermutasi seiring waktu.

Pengertian Meme

Secara sederhana, meme dapat diartikan sebagai unit informasi budaya yang dapat diwariskan atau ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui proses imitasi. Meme dapat berupa gambar, video, teks, atau bahkan ide yang dibagikan dan dimodifikasi oleh pengguna internet.

Meme biasanya memiliki karakteristik yang mudah dikenali dan diingat, seperti humor yang relatable, referensi budaya pop, atau visual yang menarik. Meme juga sering digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu, baik secara satir, kritikal, maupun edukatif.

Meme di Era Awal Internet

Meskipun istilah "meme" baru diciptakan pada tahun 1976, konsep meme telah ada jauh sebelum itu. Contoh awal meme internet dapat dilihat pada tahun 1982 dengan munculnya emotikon "smiley" yang diciptakan oleh Scott E. Fahlman.

Pada tahun 1990-an, meme mulai berkembang pesat dengan kemunculan internet dan forum online. Salah satu meme internet awal yang terkenal adalah "Dancing Baby" yang muncul pada tahun 1996. Meme ini berupa animasi bayi yang menari mengikuti lagu "The Hamster Dance."

Popularitas Meme di Era Web 2.0

Era Web 2.0, yang dimulai sekitar tahun 2004, membawa ledakan popularitas meme. Platform seperti YouTube, Facebook, dan Twitter menjadi wadah bagi pengguna untuk membuat, membagikan, dan memodifikasi meme.

Salah satu meme paling ikonik dari era ini adalah "Nyan Cat." Meme ini berupa animasi kucing dengan tubuh Pop-Tart dan jejak pelangi yang keluar dari kepalanya. Nyan Cat menjadi viral pada tahun 2011 dan dibagikan jutaan kali di berbagai platform media sosial.

Meme di Era Media Sosial

Di era media sosial saat ini, meme telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan online. Platform seperti Instagram, TikTok, dan Reddit menjadi sumber utama meme baru yang terus bermunculan setiap hari.

Meme di era media sosial umumnya lebih interaktif dan melibatkan pengguna. Contohnya adalah meme "Challenge" yang mengajak pengguna untuk melakukan aksi tertentu dan membagikan videonya. Meme ini sering digunakan untuk menyebarkan kesadaran tentang suatu isu atau sekadar untuk bersenang-senang.

Jenis-Jenis Meme

Meme hadir dalam berbagai jenis dan format, dengan beberapa kategori yang populer di antaranya:

  • Image macro: Meme klasik yang terdiri dari gambar dengan teks yang ditambahkan di atas atau bawahnya.
  • GIF: Meme animasi yang biasanya lucu dan relatable.
  • Video meme: Meme yang berupa video pendek dengan teks atau audio yang ditambahkan.
  • Advice animal: Meme yang menggunakan gambar hewan dengan teks yang berisi saran atau nasihat yang lucu.
  • Rage comic: Meme yang menceritakan suatu situasi dengan menggunakan panel gambar dan teks.

Dampak Meme

Meme memiliki dampak yang signifikan terhadap budaya internet dan masyarakat luas. Meme dapat digunakan untuk:

  • Menghibur: Meme sering digunakan untuk membuat orang tertawa dan meredakan stres.
  • Menyebarkan informasi: Meme dapat digunakan untuk menyebarkan informasi dengan cara yang mudah diingat dan dibagikan.
  • Meningkatkan kesadaran: Meme dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu sosial dan politik.
  • Menyatukan orang: Meme dapat menyatukan orang-orang dengan minat yang sama dan menciptakan rasa komunitas.

Feed